Responsive image

Disperindag Provinsi Bengkulu Adakan Rapat Forum Komunikasi Pupuk Bersubsidi

Diposting oleh : ADMIN | 2019-07-05

Kebijakan pupuk bersubsidi yang selama ini dilakukan oleh Pemerintah bertujuan untuk meringankan beban petani dalam penyedian dan pengunaan pupuk untuk kegiatan usaha taninya. Sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan produksi komoditas pertanian guna mendukung ketahanan pangan lokal, regional maupun nasional. Pupuk bersubsidi diperuntukkan untuk sektor pertanian yang berkaitan dengan budidaya tanaman pangan, sasarannya adalah petani, pekebun dan peternak.

Akan tetapi seringkali penyaluran pupuk bersubsidi tidak tepat sasaran sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Olehnya untuk menggali seluruh permasalahan yang ada dalam sistematika penyaluran pupuk bersubsidi agar lebih komprehensif dan terukur pada tanggal 25-26 Juni 2019 bertempat di Raffles City Hotel, Kota Bengkulu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu melalui Program Dekonsentrasi Bidang Perdagangan Tahun 2019 mengadakan Kegiatan Rapat Forum Komunikasi Pupuk Bersubsidi yang dihadiri oleh 50 orang peserta yang terdiri dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, Dinas Pertanian dan Holtikultura Provinsi Bengkulu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu, Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu, Biro Ekonomi setda Provinsi Bengkulu, dan seluruh distributor dan pengecer pupuk se-Provinsi Bengkulu.

Tujuan Kegiatan Rapat Forum Komunikasi Pupuk Bersubsidi ini adalah menyediakan pupuk bersubsidi agar dapat dijadikan indikator bagi pemerintah daerah dalam mengatur dan mengelola alokasi pupuk bersubsidi serta memberikan petunjuk bagi petugas satuan kerja perangkat daerah dalam melakuka pendampingan penyaluran pupuk bersubsidi sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku dengan narasumber kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, Dinas Pertanian dan Holtikultura Provinsi Bengkulu serta Unsur Pimpinan PT. PUSRI Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, H. Lierwan, SE dalam sambutannya mengatakan bahwa momen Kegiatan Rapat Forum Komunikasi Pupuk Bersubsidi sangat penting untuk mencari masukan  para pelaku-pelaku distributor pupuk, karena distributor merupakan ujung tombak dari mata rantai tepat atau tidaknya pendistribusian pupuk agar sesuai sasaran sesuai ketentuan yang berlaku. Hal ini berakibat produktifitas yang kita inginkan dan harapakan, nilai tambah petani yang diharap bisa meningkat pasti tidak akan tercapai karena pupuk merupakan "ibarat darah bagi manusia" maka pupuk bagi tanaman para petani karena bila tidak didukung pupuk maka produktivitas hasil pertanian akan menurun atau tidak tercapai bahkan gagal panen. Oleh karenanya diharapkan kegiatan ini mampu  dibuatkan matriks, bagaimana mencari solusi sehingga hasil kegiatan akan ditindaklanjuti sebagai pedoman langkah kedepan berdasarkan hasil rapat pertemuan ini.

Salah satu permasalahan yang menjadi sorotan Kadis Perindag Provinsi Bengkulu ini dengan adanya pemberitaan salah satu media di Provinsi Bengkulu bahwa siklus penyaluran pupuk tidak sesuai dengan jadwal tanam petani. Harapannya dengan adanya kegiatan ini dikemudian hari tidak terjadi lagi, dan kita dapat mendorong tingkat produktivitas para petani sehingga bukan hanya untuk kebutuhan lokal, regional bahkan nasional dan internasional, dimana Bengkulu mempunyai potensi yang luar biasa khususnya di 3 Kabupaten wilayah TImur Provinsi Bengkulu dengan hasil perkebunannya dengan tidak mengecilkan kontribusi wilayah lainnya di Provinsi Bengkulu.

Turut hadir pada kegiatan seluruh Pejabat Eselon III dan IV Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu. 


Gallery Foto Kegiatan



bookmark Tags :