Responsive image

Harga Bawang Putih Meroket: Disperindag Provinsi Bengkulu Rapat Koordinasi bersama Distributor dan Satgas Pangan

Diposting oleh : ADMIN | 2019-05-08

Menindaklanjuti kenaikan harga bawang putih dipasaran yang meroket di Provinsi Bengkulu khususnya di Kota Bengkulu yang telah berlangsung beberapa hari terakhir, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu bersama dengan Satgas Pangan Provinsi Bengkulu dan Stockholder terkait dengan sigap mengadakan investigasi langsung ke Distibutor besar pemasok Bawang Putih yang ada di Kota Bengkulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui secara pasti penyebab terjadinya kenaikan harga yang luar biasa di pasaran.


Berkenaan dengan hal tersebut pada hari ini (Selasa, 08/05/2019) bertempat di Ruang Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu mengadakan rapat bersama dengan Satgas Pangan Provinsi Bengkulu dengan mengundang beberapa Distributor Besar Bawang Putih yang ada di Kota Bengkulu. Rapat ini diikuti oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, H. Lierwan, SE, Kasubdit I Indagsi Ditreskrimsus Polda Bengkulu, AKBP Edi Sujatmiko, S.Sos selaku Koordinator Satgas Pangan, Sekretaris Dinas Perindag Provinsi Bengkulu, Surya Ofiana, SE, M.Si dan Kabid Perdagangan Dalam Negeri, Alpha Rizal Fadlan, SE., M.Si, Kasi Bahan Pokok, PPNS Perdagangan, serta Distributor Bawang Putih.


Dalam rapat terungkap bahwa gejolak harga bawang putih bukan karena terjadi penimbunan oleh oknum menjelang Bulan Puasa dan akibat bencana banjir yang terjadi di Kota Bengkulu beberapa minggu yang lalu, tetapi murni disebabkan sebagai akibat dari suplai bawang putih yang tidak ada dari Jakarta, sehingga stok Bawang Putih di Distributor-Distributor di Provinsi Bengkulu khususnya di Kota Bengkulu juga tidak ada. Kelangkaan ini lebih disebabkan terjadinya mekanisme pasar karena hal ini tidak hanya terjadi di Provinsi Bengkulu melainkan juga terjadi secara Nasional. Menanggapi hal tersebut Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, selaku Pemerintah mengharapkan agar : 

  1. Distributor Bawang Putih di Provinsi Bengkulu sesegera mungkin melakukan distribusi bawang putih ke pasaran setibanya pengiriman bawang putih di kota Bengkulu serta menyalurkan ke seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Bengkulu;
  2. Seluruh Distributor Bawang Putih dapat bergabung dan membentuk satu lembaga/komunitas yang dapat memotong mata rantai pengadaan Bawang Putih sehingga dapat langsung membeli bawang putih kepada Importir Bawang Putih, tidak melalui agen seperti selama ini. Hal ini diyakini dapat menekan biaya yang akhirnya dapat menekan harga bawang putih kedepannya ke pasar Provinsi Bengkulu, dan kalau bisa komunitas ini kedepannya dapat langsung sebagai Importir Bawang Putih.


Untuk menanggulangi keresahan di masyarakat yang ada saat ini, Distributor menyampaikan bahwa stok bawang putih untuk Kota Bengkulu dan Provinsi Bengkulu pada umumnya, saat ini sedang dalam perjalanan menuju Kota Bengkulu, dan diharapkan satu minggu ke depan harga Bawang Putih kembali normal seperti sedia kala.Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu beserta dengan Satgas Pangan Provinsi Bengkulu akan selalu melakukan pemantauan terkait fluktuasi harga bawang putih tersebut langsung ke lapangan, serta akan melakukan koordinasi dengan pihak lain terkait dalam melakukan operasi pasar menstabilkan harga bawang putih apabila memungkinkan.


Gallery Photo



bookmark Tags : Bidang Perdagangan Dalam Negeri